Logo adalah suatu visualisasi, gambar atau sketsa dalam bentuk tertentu yang digunakan oleh suatu organisasi untuk mengenalkan, mempromosikan dan diakui oleh masyarakat. Berdasarkan bentuk, model, ataupun desainnya, logo ini pulalah yang memudahkan kita untuk mengetahui dan mengenali visi dan misi suatu organisasi. Mengingat arti pentingnya, logo benar-benar dibuat berdasarkan visi dari suatu organisasi karena mewakili keberadaan organisasi tersebut secara visual, baik pilihan warna, desain, jenis huruf, tulisan, dan lambang yang digunakan.

Gbr 1. Logo Sekolah Santo Yakobus lama
Gbr 2. Logo Sekolah Santo Yakobus baru

Logo sekolah Santo Yakobus sendiri telah mengalami perubahan dari logo lama menjadi logo baru sejak tahun 2007. Awal mula logo Sekolah Santo Yakobus berbentuk tiga kerang dalam lingkaran dengan warna dasar biru. Di bawahnya, terdapat visualisasi buku yang terbuka dengan warna dasar putih dan tulisan St.  Yakobus berwarna merah hati. Logo ini diberi warna dasar kuning. 

Periode ini menjadi kesempatan bagi Yayasan Santo Yakobus untuk memantapkan arah ke satu tujuan. Kesadaran akan tantangan globalisasi dan perubahan zaman yang berkembang begitu cepat mendorong perlunya membuat visualisasi visi dan misi yang menampilkan jati diri Yayasan Santo Yakobus di tengah masyarakat. Untuk itu, bersamaan dengan peresmian gedung baru Sekolah Santo Yakobus, diresmikan pulalah perubahan logo yang baru.

Logo baru Sekolah Santo Yakobus mempunyai tiga unsur yang menjadi visualisasi visi dan misi pelayanan Sekolah, yaitu Iman, Moral, dan Ilmu. Ketiga unsur Iman, Moral, dan Ilmu divisualisasikan dalam bentuk

  1. Salib dan Merpati: Salib dan Roh Kudus yang melambangkan semangat Kristus yang tampil dan bekerja membentuk manusia-manusia utuh yang beriman.
  2. Daun-Daun: Tiga pasang daun yang tumbuh pada batang pohon yang dilambangkan oleh Salib Kristus sebagai sumber kehidupan manusia, ciptaan baru yang bermoral.
  3. Buku: Bentuknya yang terbuka melambangkan sikap yang terbuka untuk senantiasa belajar dalam kehidupan dan peka terhadap kebutuhan sesama, serta siap dalam menghadapi tuntutan zaman.

Konsep dasar visualisasi logo Sekolah Santo Yakobus pun memakai tiga warna utama, yaitu Biru, Merah, dan Kuning. Arti warna-warna yang terdapat dalam lambang tersebut adalah:

  1. Biru: Berbobot dan stabil.
  2. Merah:  Dinamis, hidup, dan bergerak.
  3. Kuning: Harapan, cahaya, dan Roh Kudus.

Penjelasan konsep dasar visualisasi ini menegaskan bahwa logo baru memvisualisasikan mantapnya gerak Yayasan Santo Yakobus yang dijiwai oleh semangat Santo Yakobus. Dengan beriman kepada Allah, manusia dibentuk oleh Allah menjadi manusia yang bermoral, mempunyai hati nurani yang berasal dari Allah, berhikmat, dan mempunyai akal budi, pikiran yang dipenuhi oleh Allah. Oleh karena itu, Iman, Moral, dan Ilmu yang tumbuh dan berasal dari hikmat Allah akan senantiasa berkembang menghasilkan buah-buah yang baik.

(dikutip dari Narasi Sejarah Sekolah Santo Yakobus – 2021)